RSS

Jangan Kuliah Kalau Nggak Sukses !

11 Nov

Kuliah gag ya? -Galau-

Oleh Cindy Kusuma Dewi

            Kuliah adalah hal yang sangat membosankan, bagaimana tidak jika tiap hari selalu dihadapkan dengan buku buku yang super tebal belum lagi tugas yang diberikan dosen . Hal itu masih belum seberapa jika dibandingkan dengan yang mengikuti UKM atau ORMAWA di kampus, harus ikut bermacam- macam  rapat, mempersiapkan event dan  masih banyak lagi pasti akan menghabiskan waktu yang sangat banyak di kampus. Semua pandangan itu merupakan pandangan bagi mereka yang tidak bisa membagi waktunya antara kuliah dan juga kegiatan , antara kuliah dan keluarga dan juga antara kuliah dengan diri sendiri. Hubungan tersebut haruslah seimbang agar kita tidak menjadi merugi dibelakang nanti.

Apalah artinya kuliah  sukses tapi keluarga atau diri sendiri tidak bahagia. Sebagai mahasiswa yang sudah dewasa, membagi waktu adalah bukan hal yang sulit, agar kuliah jalan orang tua juga bisa jalan – jalan dengan tenang. Kadang kebanyakan mahasiswa menakutkan permasalahan nilai pencapaian SKP (Sistem Kredit Prestasi) yang sedikit memaksa mahasiswa untuk mengikuti UKM atau ORMAWA agar nilai SKP mereka cukup untuk persyaratan widuda kelak. Jika segala sesuatu hal berorientasi pada hasil maka akan banyak kekecewaan yang akan didapat. Pola pikir seperti inilah yang perlu diubah sebaiknya kita lebih berorientasi pada proses, proses yang didapat dari perjuangan – perjuangan mengejar apa yang dicita – citakan karena dari hal itu lah dapat terlihat betapa kuatnya keteguhan seseorang.

Orang yang bersungguh-sungguh dalam bercita-cita tidak mungkin duduk manis bertopang dagu menunggu dewi Fortuna muncul. Hidup adalah perjuangan yang tak henti-henti agar kita sukses yang perlu kita lakukan adalah merubah mind set kita tentang apa yang ada dihadapan kita. Apa saja yang terlihat sulit didepan kita, belum tentu lebih sulit ketika kita telah mencobanya. Selama itu masih dapat dilihat oleh mata, kita masih bisa mengubah dari yang tidak mungkin menjadi mungkin, mengubah dari yang zero menuju hero.

Sering setiap hari kita memberikan paradigma buruk kepada sesuatu yang belum pernah kita rasakan manfaatnya. Kita ambil satu contoh yang paling dekat dengan mahasiswa yaitu nilai SKP (Sistem Kredit Prestasi) dimana karana tiga huruf itu mahasiswa berlomba – lomba mengikuti berbagai macam UKM dan ORMAWA yang tersedia di kampus hingga mereka lupa akan kewajiban utamanya. Setelah itu mahasiswa menghabiskan seluruh waktunya di kampus hingga melupakan betapa pentingnya tiap hari kita untuk mengevaluasi diri mempersiapkan rencana-rencana untuk hari berikutnya dan juga masa depan. Kita bisa saja membuat cerita tentang SKP tersebut menjadi lebih ringan di dengar dan sekaligus bisa mengemulsi otak kita untuk berkerja lebih ringan, SKP yang kita tahu bahwa kepanjangannya adala Sistem Kredit Prestasi, kita bisa mengubahnya menjadi Support Kasihsayang Perhatian tidak hanya itu kita bisa mengubah kata UTS yang artinya Ujian Tengah Semester yg terkadang mendengarnya saja sudah takut kita bisa mengubah menjadi Unafraid To Smile. Dengan cara-cara kecil tersebut itu sudah bisa mengurangi beban yang di tanggung oleh otak kita. Hal ini sudah terbukti terdapat perbedaan yang sangat jelas antara dua mahasiswa yang selalu mengemulsikan kata-kata negatif dalam otaknya dengan mahasiswa yang selalu mengemulsikan kata-kata positif dalam otaknya.

Sukses atau tidaknya kita kelak itu bukan karena orang lain, tapi karena diri kita sendiri, sedangkan jalan menuju sukses itu tidaklah sedikit ada berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk membuat hidup ini menjadi lebih berwarna an masing masing orang memiliki cara sendiri-sendiri untuk membawa kemana hidupnya nanti. Bangku kuliah hanyalah sebagai pintu pertama untuk membuka ribuan pintu yang lain .

Di bangku kuliah kita bertemu dengan berbagai civitas akademika kampus kita bisa bangun interaksi komunikasi yang baik dengan mereka agar mereka bisa mengenal kita. Sudah banyak yang bilang jika sukses itu tidak hanya di tentukan oleh nilai IP yang tinggi berdasarkan studi yang pernah dilakukan bahwa nilai IP berada di urutan ke 16 untuk menjamin menjadi orang sukses. Tidak hanya itu, sempat pernah penelitian dengan mendata anak anak yang memiliki IQ yang diatas rata rata, hal yang menajubkan adalah tidak ada salah satu diantara mereka menjadi orang sukses.

             Berpikiran positif, menatap masa depan menjalani semua dengan ikhlas dari tugas tugas yang diberikan dosen dan juga kegiatan kegitan diluar kuliah merupakan dasar awal kita untuk membangun semangat untuk menjadi pribadi yang baik.

            Berkata-kata positif, mengemulsikan kata kata yang positif pada otak kita, misalnya kata kalah bisa diubah menjadi kurang beruntung . Selain dapat membuat otak kita lebih ringan juga dapat membuat kita royal di hadapan orang lain yang mendengar pembicaraan kita.

            Berorientasi proses, membuat kita bisa berusaha dengan ikhlas dan bisa membantu kita tidak terlalu kecewa ketika hasil tidak sesuai dengan pa yang diharapkan.

            Berinteraksi luas, membuat kita lebih banyak mengenal orang lain akan membantu kita lebih mudah untuk mengajak orang lain bergabung dan membantu apa yang kita perlukan.

            Berdoa dan Berusaha, adalah penyeimbang yang muncul dari berbagai pertentangan-permasalahan yang ada. Tanpa berdoa apa yang kita harapkan tidak akan menjadi kenyataan, tanpa berusaha apa yang kita akan menjadi mimpi kosong.

            Raih segala kesempatan yang ada didepan mata, karena kesempatan takkan datang dua kali untuk kita. Kadang kita merasa kesempatan itu cukup sulit untuk kita coba, berpikirlah positif coba saja paksakan dirimu keraslah pada dirimu maka dunia akan lunak padamu. Jadikan setiap hari waktu di kuliah adalah proses untuk menapaki kehidupan yang sebenarnya. Jangan hanya diam menunggu. Jadilah GILA (Gila Ilmu Langsung Action) ketika dikampus dan jadilah mahasiswa SUKABUMI (Sukses Angan Bukan hanya Mimpi).

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 11, 2011 in Coretan Jelek ku

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: